Rabu, 04 Desember 2019

Tips Keselamatan Kerja Saat Menggunakan Perkakas Listrik

Related image

Di Amerika Serikat, pemakaian perkakas tangan (hand alat) serta perkakas listrik (power alat) mengakibatkan beberapa ratus ribu pekerjaan kelistrikan alami luka serius tiap tahunnya. – Bureau of Labor Statistics serta OSHA

Tiap peralatan kerja sebetulnya bisa berefek jika digunakan dengan cara yg tidak pas, serta ada banyak alat yang bisa mengakibatkan bahaya serius dibandingkan peralatan beda, salah satunya perkakas listrik (power alat).

Apa Itu Perkakas Listrik (Power Alat)?
Perkakas listrik (power alat) yakni peralatan kerja yang sumber tenaganya tidak dari manusia, tapi dari tenaga listrik atau tenaga pneumatik (desakan udara).

Perkakas listrik bisa mengakibatkan luka fatal, dimana pekerja jadi korban kesempatan bisa alami cacat atau tidak kembali pulih sepenuhnya, bahkan dalam beberapa permasalahan, bisa mengakibatkan kematian.

Berikut contoh kecelakaan kerja di dunia kelistrikan yang terkait dengan peralatan kerja berdasarkan pada data Bureau of Labor Statistics (BLS) serta Occupational Safety and Health Administration (OSHA) :
  • Pada th. 2012, kecelakaan yang terkait dengan peralatan kerja memberi 712 kematian di semua industri. 
  • Seputar 6% dari semua kecelakaan fatal di tempat kerja dengan selekasnya karena oleh perkakas listrik. 
  • Survey meramalkan, beberapa 400.000 pekerja alami luka serius sebab perkakas tangan serta perkakas listrik tiap tahunnya. 
  • Oleh karenanya, OSHA merekomendasikan tiap pekerja selalu untuk turuti mekanisme kerja aman serta melakukan tindakan menahan waktu menggunakan peralatan kerja, lebih perkakas listrik. Hal seperti ini diperuntukkan supaya pekerja bisa lakukan kerjaannya dengan aman serta selamat. 
Panduan Aman Menggunakan Perkakas Listrik (PowerTool)
Tiap peralatan kerja mempunyai ketetapan pemakaian serta tindakan menahan berbeda, hal seperti ini berlaku  untuk perkakas listrik. Pandangan mengenai keselamatan pemakaian perkakas listrik harus diperhatikan supaya pekerja bisa lakukan kerjaannya dengan aman.

Berikut panduan aman menggunakan perkakas listrik :

Bor Listrik
Bor listrik atau bor tangan bertindak untuk membolongi kayu, besi, atau beton/tembok. Bor listrik umumnya berbentuk pistol besar dengan penutup dibuat dari plastik atau logam. Bor ini mempunyai detail berbagai berdasarkan pada ukuran mata bor, ukuran motor, serta kecepatan.

Pada dasarnya, bor listrik akan memberikan hasil yang baik bila digunakan dengan kecepatan yang pas serta menggunakan tipe mata bor yang sesuai dengan. Langkah pemakaian bor juga harus Kamu lihat. Memang hal seperti ini kelihatan sepele, tapi kenyataannya banyak pekerja yang belum dapat menggunakannya dengan pas serta memerhatikan beberapa sisi keselamatan waktu menjalankannya.

Keselamatan kerja listrik buat pekerja menggunakan bor listrik :
  • Awalnya mengebor, ketahui media apa yang akan dibor untuk pastikan tipe serta ukuran mata bor yang dipakai 
  • Gunakan alat pelindung diri (APD) diantaranya kacamata keselamatan, sarung tangan anti getaran, sepatu safety , helm keselamatan serta earplug/earmuff jika Kamu terkena keributan 
  • Yakinkan untuk menggenggam bor listrik dengan berhati-hati supaya tidak menyebabkan kerusakan alat atau mengakibatkan luka 
  • Berikan signal dibagian yang akan di bor dengan menggunakan pin punch/penitik serta palu untuk jauhi mata bor tergelincir saat pengeboran 
  • Gunakan tetap mata bor yang tajam untuk memikul keselamatan pada operasi pengeboran 
  • Gunakan tetap cairan pendingin untuk mendinginkan mata bor, kurangi tingkat keausan serta membuat perlindungan ketajaman mata bor 
  • Tidak dibolehkan menggunakan ukuran mata bor lebih kecil/besar dari ukuran mata bor yang dianjurkan 
  • Dilarang menekan mata bor dengan kaki untuk meningkatkan potensi penekanan pengeboran 
  • Pegang mesin bor dengan kuat supaya mesin bor tidak terpental saat digunakan. Jika tangan kanan menggenggam pelatuk, karena itu letakkan tangan kiri ke belakang badan bor untuk membantu menggerakkan bor ke depan waktu skema mengebor lebih untuk media yang keras. 
Catatan :

Awalnya tempatkan mata bor, yakinkan steker/colokan bor tidak terhubung dengan stop kontak untuk jauhi hal yg tidak diinginkan. Untuk langkah pemasangan serta pemakaian mata bor lakukan sesuai dengan tips produsen. Yakinkan Kamu menggunakan kacamata keselamatan serta APD lainnya waktu tempatkan mata bor.

Impact Wrench
Impact wrench yakni satu alat yang bertindak untuk melapangkan baut/mur serta kencangkan dengan kecepatan rendah atau tinggi. Perkakas listrik ini mempunyai bentuk serta ukuran yang berbagai sesuai dengan tujuan pemakaiannya. Impact wrench terdiri dari dua tipe, yakni air impact wrench serta electric impact wrench.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *