Senin, 09 Desember 2019

KESEHATAN DAN KESELAMATAN KERJA (K3) DALAM PENGGUNAAN KOMPUTER

Related image

Kesehatan serta Keselamatan Kerja (K3) adalah hal penting yang perlu dilihat dalam memakai computer. Tetapi, biasanya, segi K3 belum jadi perhatian beberapa pemakai computer.

Ada faktor-faktor yang memengaruhi kesehatan, keselamatan, serta kenyamanan pemakai computer waktu memakai computer, salah satunya ialah sepatu safety tempat badan, tempat perlengkapan computer, pencahayaan ruang, serta situasi keadaan.

1. Mengendalikan tempat badan

Tempat kepala serta leher
Tempat kepala serta leher harus tegak dengan muka menghadap langsung ke monitor monitor, pandangan pada naskah, garis pandang dari mata harus tegak lurus pada monitor. Leher tidak bisa membungkuk atau menengadah sebab bisa mengakibatkan sakit pada leher.

Tempat punggung
Tempat punggung yang benar ialah tegak, tidak miring ke kiri atau kanan, tidak membungkuk, serta tidak bertumpu begitu miring ke belakang.

2. Tempat Bahu

Tempat bahu yang baik ialah tempat bahu yang tidak terangkat serta tidak kebawah. Bila otot-otot dibahu masih tegang, bermakna tempat bahu belum benar.

3. Tempat Lengan serta Siku

Tempat lengan yang baik ialah jika bisa menulis serta memakai mouse dengan nyaman. Mengenai tempat lengan yang baik ialah jika tangan ada selain tubuh serta siku membuat pojok kurang dari 900.

4. Mengendalikan Monitor serta Pencahayaan

Untuk kurangi keluhan pada mata, lihat pemakaian monitor sebagai berikut:

  • Letakan monitor demikian rupa diruangan yang tidak ada sinar yang memantul dengan monitor computer. 
  • Letakan monitor sejajar dengan garis horizontal mata, supaya pandangan mata tidak menunduk atau menengadah. 
  • Susunlah sinar monitor supaya tidak jelas atau begitu gelap. 
  • Sering-seringlah mengedipkan mata untuk jaga supaya mata tidak kering. 
  • Kadang-kadang alihkan mata ke luar ruang untuk rileksasi mata. 
  • Upayakan untuk tempatkan monitor penampilan demikian rupa hingga sisi samping monitor penampilan menghadap ke jendela. 
  • Hindari memakai sumber sinar yang begitu jelas terutamanya langsung masuk dalam bagian pandang mata. 
  • Pakai sinar tidak langsung yang di pantulkan tembok, lantai rumah, serta langit-langit untuk menghindarkan terdapatnya bintik cerah pada monitor penampilan.

5. Mengendalikan Letak Kabel Computer

Dalam mengendalikan letak kabel computer, butuh dilihat beberapa hal berikut:

  • Kabel computer harus dihindarkan dari air sebab bisa mengakibatkan korsleting. 
  • Upayakan supaya kabel-kabel computer tidak menutupi beberapa bagian penting computer yang bergerak. 
  • Susunlah kabel-kabel computer supaya terurai dengan rapi untuk kenyamanan dan supaya tidak berlangsung arus pendek pada listrik.

6. Mengendalikan pemakaian CPU

Beberapa hal yang butuh dilihat dalam memakai CPU:

  • CPU tidak bisa bersentuhan langsung dengan tangan yang basah sebab saluran listrik yang berada di CPU bisa menyetrum manusia. 
  • Bila computer ada di ruang ber-AC, jangan menempatkan CPU pas di bawah AC. Ini karena tetesan air dari AC yang tentang CPU bisa menyebabkan berlangsungnya kebakaran. 
  • Bukalah chasing CPU dengan periodik untuk bersihkan sisi dalam CPU. Pakai kuas cat serta kain kering untuk bersihkan debu yang menumpuk pada beberapa bagian khusus di CPU, khususnya di bagian kipas pendingin, baik di processor atau di power suplai. Ini berguna untuk perpanjang waktu penggunaan processor serta elemen yang lain. 

7. Mengendalikan pemakaian keyboard

Tempat keyboard yang salah adalah satu diantara factor pemicu ngilu otot serta persendiaan. Ngilu otot serta tulang yang disebebakan oleh keyboard ialah pemakaian jari-jari tangan yang tidak imbang dalam tempo yang lama. Untuk menahan keyboard rusak serta berlangsungnya korsleting, hindari keyboard dari tumpahana air. Untuk memper[anjang waktu penggunaan keyboard, rawatlah keyboard secara teratur.membersihkan antara tombol keyboard dengan memakai kuas

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *