Rabu, 24 April 2019

TIPS CERMAT MEMASANG PIGURA

Related image

Apa pigura itu? Tentu saja kamu tentu tahu jawabnya sebab kita sudah pasti akrab dengan benda yang satu ini, yang berperan untuk menempatkan photo, pajangan, atau lukisan, atau gambar-gambar bertopik.

Apa yang terjadi satu rumah tanpa ada pigura? Tentu terasanya cemplang seperti sayur tanpa ada garam. Mesti disadari, pigura ialah satu aksesories ruang yang tidak dapat dibiarkan pada suatu bangunan rumah, terutamanya bangunan tempat tinggal. Dengan menempatkan pigura yang berisi photo, lukisan dinding , pajangan atau gambar bertopik dalam satu ruang, satu ruang yang semula hampa bisa jadi ‘hidup’ melalui penciptaan kesan-kesan yang dikatakan pada orang yang memandangnya. Melalui peletakan yang pas, nuansa satu ruang bisa jadi berkesan lebih hangat, ceria, romantis, religius atau bahkan juga sebaliknya jadi berkesan resmi, dingin bahkan juga susah.

Tetapi tentunya kita mesti dapat membenahi peletakan pigura dengan baik di dalam rumah kita supaya ruang jadi cocok, sebab bila tidak maka muncul kesan-kesan ‘dipaksakan’, bahkan juga lebih jelek ruang jadi berkesan ‘kumuh’ atau bahkan juga ‘aneh’. Nah, sebaiknya kamu membaca beberapa panduan praktis di bawah ini :

1. Pada intinya pigura bisa dipasang dimanapun. Tetapi pikirkan terlebih dulu tempat pigura untuk memperoleh pemikiran yang pas buat orang yang memandangnya. Biasanya pigura bisa ditempatkan di dalam ruang, di pojok ruang, disamping pinggir tangga, di pojok bordes tangga dan lain-lain bergantung dari bagaimana pencahayaan serta jalan hilir mudik manusia di dalam bangunan rumah itu. Meminta pertolongan orang lainnya menggenggam pigura, sesaat Kamu memandangnya dari jauh untuk memperoleh tempat yang baik sebelum ditetapkan untuk menempatkan pigura itu.

2. Pilih topik yang pas untuk tiap-tiap ruang. Contohnya ruangan tamu, lebih baik berisi topik yang netral atau resmi seumpama lukisan, photo waktu wisuda akademi militer atau pajangan bertopik hiasan etnik. Pigura berisi foto-foto rekreasi bagian keluarga contohnya waktu liburan di pantai, lebih pas ditempatkan di ruangan keluarga atau ruangan TV. Sebaliknya satu lukisan mahal (contohnya karya Picasso atau Affandi), kurang pas bila ditempatkan di kamar anak kamu yang baru berumur 6 tahun

3. Lihat rasio baik pada ukuran pigura serta luas bagian bagian ruang. Janganlah menempatkan pigura yang begitu besar atau begitu kecil dibandingkan luas bagian ruang supaya terlepas dari kesan-kesan ‘dipaksakan’. Pikirkan juga perbandingan ukuran pigura dengan perlengkapan yang berada di ruang itu, khususnya bila kamu mempunyai bangunan rumah dengan design minimalis.

4. Pilih gabungan warna yang pas pada pigura serta warna cat dinding supaya tampak cocok dengan ciri-ciri ruang. Contohnya pigura dari kayu dengan warna kecokelatan pas untuk ruangan yang classic atau pop etnik. Pigura berwarna cerah serta jelas dapat dipasang di ruang bergaya pop-art, retro, atau sederhana moderen. Type pigura dengan beberapa warna cerah pun pas untuk ruang kamar anak.

5. Bila kamu menempatkan beberapa pigura pada satu tempat, janganlah mencampurkan adukkan bermacam topik sekaligus juga. Kelompokkan kelompok yang sama untuk menimbulkan ‘kesan’ yang kuat pada ruang. Contohnya photo pernikahan anak-anak kamu, janganlah digabung dengan lukisan bertopik buah-buahan.

6. Ketinggian pigura yang baik ialah sejajar dengan batas pandang mata, yakni seputar 1 – 1,5 m dari elevasi lantai bergantung pada ukuran pigura. Pada kamar anak, peletakan pigura bisa ditempatkan lebih rendah supaya bisa disaksikan oleh anak-anak. Batasan elevasi pigura tidak begitu kaku, asal masih juga dalam skala yang dapat ditolerir. Tetapi ini tidak laku pada peletakan pigura di pinggir tangga, sebab bila begitu rendah akan mengganggu hilir mudik manusia dalam tempat itu.

7. Bila akan menempatkan beberapa pigura sekaligus juga pada satu bagian ruang, pakai alat membantu untuk mensejajarkan tempat beberapa pigura. Kamu dapat memakai mistar/penggaris panjang, batang lurus dari kayu atau logam untuk memperoleh garis sejajar. Bila tidak ada, pakai benang nilon untuk untuk memperoleh garis sejajar pada dinding ruang.

8. Yakinkan keamanan pigura yang kamu pasang, baik dari sisi pengait pigura atau paku penggantung yang pas. Pakai pengait berupa D dibelakang pigura, apabila pigura memiliki ukuran besar minimum mesti mempunyai 2 pengait (kanan-kiri). Pilih ukuran paku penggantung yang sebanding dengan ukuran pigura. Kekurangcermatan dalam soal ini bisa menyebabkan fatal sebab bila tidak berhati-hati pigura dapat jatuh serta rusak.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *