Rabu, 14 Februari 2018

7 Strategi Pemasaran Online Yang Paling Efektif dan Efisien

Related image

jasa pembuatan website murah - Dalam dunia marketing atau pemasaran on-line, yang saya ketahui ada dua hal penting yang perlu dikuasai, yakni mengenai bagaimana caranya pasarkan product dengan efisien dan efektif. Mungkin, ada beberapa dari Kamu yang ajukan pertanyaan 'apa sich pemasaran efisien dan efektif itu? '. Oke saya juga akan jelasakn terlebih dulu tentang ke-2 arti yang sangat erat hubungannya dengan marketing itu.

Mudahnya efisien yaitu semua suatu hal yang berhubungan dengan bekerja atau tidaknya kiat itu, sesaat efektif berhubungan denga biaya dan tenaga.

Jadi dapat diambil kesimpulan, seseorang Internet Marketers, telah semestinya kuasai kiat atau cara pemasaran on-line yang efisien dan efektif, manfaat memperoleh tujuan yang tepat dan untuk memotong biaya dan waktu promosi.

Dalam dunia marketing, efisien dan efektif disimpulkan jadi :

Efisien = Tepat sasaran
Efektif = Irit biaya promosi

Tetapi, yang jadi problem yaitu, sedikit dari kita yang ketahui seperti apa pemasaran on-line yang efisien dan efektif itu. Untuk tersebut di artikel ini saya juga akan coba menerangkan 7 Kiat Pemasaran On-line yang juga akan menolong Kamu untuk pasarkan product dengan efisien dan efektif.

1. RISET BARANG DAN PASAR

Kiat pertama sebelumnya Kamu melakukan pemasaran on-line yaitu memastikan barang dan meriset market share terlebih dulu, lihat persaingan perebutan yang ada dan mulai memfikirkan apakah kita dapat sediakan barang atau jasa yang lebih baik dari yang telah ada. Contoh Kamu ingin berjualan ikan hias, penelitian pasar yang perlu Kamu kerjakan yaitu mencari tahu berapakah banyak peternak ikan cupang yang berada di lingkungan sekitar Kamu, apabila persaingan perebutan tidaklah terlalu ketat, maka penelitian ke-2 yaitu bertanya pada diri Kamu sendiri apakah dapat sediakan ikan cupang yang lebih baik (lebih murah, lebih sehat) dari kompetitor Kamu itu?

Bila Kamu merasa tidak mampu, maka baiknya Kamu mundur, dan kerjakan penelitian untuk barang yang lain, karena bila Kamu memakasa untuk melakukan bisnis ikan, tetapi kompetitor Kamu memiliki barang (ikan) dan service yang lebih baik dari yang juga akan Kamu menawarkan, maka bukanlah untung yang didapat tetapi dapat rugi.

2. GALI KEBUTUHAN KONSUMEN

Dalam melakukan penelitian, pekerjaan Kamu tidak cuma mencari barang yang memiliki keuntungan besar saja, tetapi Kamu harus juga melakukan penelitian dan mencari tahu keperluan customer, jadi contoh dari pada Kamu jual ikan arwana supper red (karena keuntungan yang didapat besar) tetapi orang di sekitar Kamu yang contoh notabenya yaitu pemelihara burung, maka sekeras apa pun Kamu coba jual ikan mahal itu akan tidak dibeli, karena customer Kamu tidak memerlukan ikan itu, dan juga akan berlainan ceritanya bila Kamu segera bertanya ke customer, mengenenai ikan type apa yang ia perlukan, misalnya tetangga Kamu itu menjawab ikan guppy.

Maka berusahalah unutk pasarkan ikan guppy, ini semakin lebih efisien dengan kata lain tepat tujuan, karena customer Kamu terang memerlukan ikan guppy untuk jadikan pakan ternaknya (burung). Dan juga akan percuma saja bila Kamu memaksa untuk jual ikan arwana, jadi disinilah pentingnya untuk mencari tahu kebuhan customer sebelumnya pasarkan product.

3. BIJAKLAH DALAM MEMBERIKAN SOLUSI

Bila saat melakukan pemasaran product Kamu alami problem pada calon konsumen yang mempersoalkan tentang mahalnya harga barang yang Kamu jual, jangan pernah Kamu tergesa-gesa unutk turunkan harga, pertama-tama coba untuk memberi jalan keluar pada calon pelanggan Kamu itu, jadi contoh Kamu dapat memakai kalimat berikut ini :

Pak/Bu harga yang mahal adalah harga yang relatif, karena bila Ayah/Ibu beli barang dengan harga yang murah maka juga akan kwalitas yang didapat juga juga akan berbanding lurus dengan harga dengan kata lain cepat rusak. dan bila dihitung kalkulasi maka pengeluaran yang juga akan Ayah/Ibu mengeluarkan juga akan sama saja

Initnya yaitu memakai kata yang bijak, jangan pernah Kamu berkesan menipu calon pemebeli itu, bila harga yang Kamu patok mahal dari harga market, maka terangkan apa yang buat barang itu memiliki harga yang lebih tinggi, dan begitu calon pemebeli juga akan tahu dan mungkin juga akan mengambil keputusan untuk beli.

4. GUNAKAN EMAIL UNTUK PROMOSI

Bila Kamu sering bertandang ke situs atau situs (blog) orang bule yang mengulas mengenai tutorial, maka nyaris semua senantiasa memberi kotak e-mail dibagian sidebar, yang rata-rata beruliskan Follow by E-mail. Wajarnya bila Kamu memasukkan alamat e-mail Kamu dan mengambil keputusan untuk jadi subcriber, maka e-mail yang di kirim ke Kamu yaitu pemberitahuan tentang up-date terbaru dari website itu.

Jadi contoh Kamu berlanggan e-mail dari website Berguru SEO, maka setiap saat situs (blog) ini up-date maka yang e-mail yang diantar ke e-mail Kamu yaitu sebuah pesan yang diisi up-date terbaru mengenai situs (blog) ini berbentuk artikel mentahan.

Apabila cermat sesungguhnya Kamu dapat merekayasa hal itu, dengan jadikan pesan dari e-mail yang semestinya diisi pemberitahuan up-date jadi e-mail yang diisi promosi atau pemasaran on-line barang dagangan Kamu, pasti ini semakin lebih efisien. Langkahnya? pengetahuan ini saya tekuni dari e book gratis yang diberikan oleh mas Syamsul Alam (terima kasih mas) di mana beliau menerangkan kalau kita dapat merekayasa feed pada suatu kotak e-mail di suatu situs (blog) dengan feed dari situs (blog) beda (khusus untuk promosi).

Jadi contoh Kamu miliki 2 Situs (blog) :

  • Situs (blog) A (situs (blog) utama) dan, 
  • Situs (blog) B (situs (blog) promosi) 

Saat Ada pengunjung yang memasukkan emailnya dengan maksud berlanggan news feed dari Situs (blog) A, maka Kamu dapat memanipulasinya dengan merubahnya untuk berlanggan di Situs (blog) B, jadi pengunjung yang awalannya menganggap juga akan memperoleh newsfeed dari Situs (blog) A, tidak paham bila dianya sesungguhnya sudah berlanggan newsfeed dari Situs (blog) B.

Setelah itu silakan Kamu buat menulis atau artikel di Situs (blog) B yang diisi promosi atau pemasaran on-line, maka dengan automatis, beberapa subcribers juga akan memperoleh e-mail promosi di account atau kotak masuk mereka, sebuah cara pemasaran on-line yang sangat efisien dan efektif bukan?

5. PILIH KALIMAT CLOSING YANG TEPAT

Closing yaitu bagian terutama dalam dunia marketing, karena usaha Kamu juga akan ditetapkan pada step ini, apakah promosi Kamu juga akan percuma atau tidak. Karena bila Kamu salah sedikit saja dalam memilih kalimat closing yang benar dam punya potensi untuk menyudutkan calon konsumen, maka janganlah menyesal bila calon konsumen itu kabur.

Beberapa contoh kata yang salah saat closing yaitu :

  • Jadi beli atau tidak? 
  • Ingin, beli saat ini atau besok? 

Upayakan jauhi memakai kalimat itu, dan coba untuk menggantinya dengan kalimat berikut ini :

Jadi, ingin ambillah product ini atau yang itu, pak?
Tak ada jaminan product masih tetap tersisa sampai besok pak

Yang perlu diutamakan pada tehnik closing yaitu optimis pelanggan untuk melakukan pemesanan secepat-cepatnya, karena bila diulur-ulur, juga akan sangat punya potensi pelanggan beralih fikiran.

6. LAKUKAN PROMOSI SILANG

Yang saya maksud promosi silang di sini yaitu tawarkan product beda yang masih tetap terkait dengan product pertama yang Kamu jual. Contoh saat konsumen mengambil keputusan untuk beli sebuah helm, maka janganlah hanya tawarkan helm saja, coba untuk tawarkan barang beda seperti sarung tangan atau masker.

Tetapi pastikan barang yang Kamu menawarkan sama-sama terkait dan jangan pernah ada orang yang beli helm tapi jadi Kamu menawarkan computer, itu akan tidak maksmal.

7. BERIKAN LAYANAN AFTER SALES

Seseorang Internet Marketers atau pemasar on-line, harus untuk meguasai yang namanya layanan After Sales, karena banyak yang menggap tugasnya telah usai ketika sudah sukses jual suatu barang, walau sebenarnya bila kita ingin memberi pelayan ekstra maka, bukanlah mustahil pelanggan itu juga akan kembali beli barang kita, dan bahkan juga dapat jadi pelanggan tetaplah.

Ke-7 Kiat atau Cara Pemasaran On-line yang saya berikan di atas hanya secuil pengetahuan marketing yang berada di Internet, karena memang pada dasaranya pengetahuan pemasaran on-line itu sangat luas dengan kata lain banyak. Tetapi saya percaya, bila Kamu mengaplikasikannya dengan baik dan benar, saya percaya penjualan on-line juga akan bertambah.

Sesungguhnya ada satu cara sekali lagi yang cukup baik utnuk tingkatkan keefektifan pemasaran on-line Kamu, yakni dengan pasarkan product melalui Toko On-line, karena dengan terdapatnya toko on-line maka menunjukkan kalau Kamu serius dalam jual sebuah product, jadi bukan sekedar melalui BBM atau Sosial Media saja. Untuk Kamu yang tertarik dan ingin buat toko on-line, silakan baca tips komplit bagaimana buat toko on-line dengan gratis, di artikel ini Cara Buat Toko On-line.

Disamping itu dahulu yang dapat saya berikan, maaf bila tidaklah terlalu menolong, karena memang pengetahuan yang baik itu yaitu pengetahuan yang kita tekuni sendiri di lapangan, jadi dari try and error lah pengetahuan pemasarn on-line yang sebenarnya juga akan Kamu dapat.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Know us

Our Team

Contact us

Nama

Email *

Pesan *